Search This Blog

Saturday 27 April 2013

Penjelasan Data Kemiskinan BPS


Data Statistik   Resmi   (official   statistics) adalah objektivitas   universal.   Seluruh   dunia mengukur kinerja pembangunan dan eksistensi bangsanya melalui penggunaan indikator statistik yang memenuhi  standar  pengukuran  yang  disepakati secara  internasional.  Pekerjaan  statistik selalu dikawal  oleh  Kode  Etik Statistik  PBB.  Di Indonesia  akhirakhir  ini,  di sebagian  kalangan, cenderung   mispersepsi   dalam  memahami   angka statistik.   Terkait   data  statistik   kemiskinan misalnya kekeliruan dimaksud melebar kmanamana.

Disadari bahwa salah satu aspek penting untuk mendukung Strategi Penanggulangan Kemiskinan adalah tersedianya data kemiskinan yang akurat dan tepat sasaran. Pengukuran kemiskinan  yang  dapat  dipercaya  dapat  menjadi  instrumen  tangguh  bagi  pengambil  kebijakan dalam memfokuskan perhatian pada kondisi hidup orang miskin. Data kemiskinan yang baik dapat digunakan untuk mengevaluasi kebijakan pemerintah terhadap kemiskinan, membandingkan kemiskinan  antar waktu dan daerah, serta menentukan  target penduduk  miskin dengan tujuan untuk memperbaiki kualitas hidup mereka.

Secara umum kemiskinan didefinisikan sebagai kondisi dimana seseorang atau sekelompok orang tidak mampu memenuhi hakhak dasarnya untuk mempertahankan  dan mengembangkan kehidupan yang bermartabat. Definisi yang sangat luas ini menunjukkan bahwa kemiskinan merupakan  masalah multi dimensional,  sehingga tidak mudah untuk mengukur kemiskinan  dan perlu kesepakatan pendekatan pengukuran yang dipakai. Untuk mengukur tingkat kemiskinan di Indonesia, BPS menyediakan 2 jenis data yaitu data kemiskinan makro dan mikro.

download file lengkap di sini

Sumber: Berita Resmi Statistik BPS

No comments: